• Fauzan Abdul Syukur Kesuma
  • 25 Apr 2018
  • 23 views

Festival Teater Remaja SMA se-Jabar dan Banten

SISWA/siswi teater Tasbe dari SMAN 1 Baleendah, menampilkan teater dengan judul Ada Apa Dengan Z? di Gedung Kesenian Sunan Ambu, ISBI, Kota Bandung, Rabu 25 April 2018. Festival Teater Remaja diikuti oleh SMA se Jawa Barat, digelar mulai 22-29 April 2018.

Festival Teater Remaja (FTR) telah menginjak tahun ke-6 di tahun 2018 ini. Festival yang digelar setiap dua tahun sekali oleh Keluarga Mahasiswa Teater (KMT) ISBI Bandung ini, tetap konsiseten sebagai ajang belajar dan mendapat pengalaman bagi pelajar SMA melalui bentuk yang menunjang kompetisi. Selain itu, ajang yang digelar se-Jawa Barat dan Banten ini menjadi ruang bertemu para pelajar antardaerah.

Ada Apa dengan Z : mencoba melihat realita sosial melalui teater remaja hari ini. Generasi yang lahir pada rentang tahun 1995 sampai 2014 dikenal sebagai generasi Z. Istilah ini sebenarnya dikenal pertama kali oleh jurnalis Bruce Horovitz pada tahun 2012. Pada intinya, secara definisi Generasi Z adalah generasi yang lahhir di generasi internet, generasi yang sudah menikmati keajaiban teknologi usai kelahiran internet, jika sekarang terkenal dengan istilah zaman millenial.

Sebuah keresahan, kenakalan, eskperimen, bahkan curhatan dari para remaja, yang bisa kita smeua saksikan hadir di atas panggung, panggungnya para generasi Z.

Festival Teater remaja diikuti oleh SMAN 6 Garut, SMAN 1 Baleendah, SMAN 8 Kab. Tanggerang, SMAN 1 Majalaya, SMAN 1 Cikande, SMAN 8 Kota Serang, SMAN 3 Tasikmalaya, SMK Taruna 1 Kab. Bogot, SMA bina Muda Cicalengka, SMKN 1 Garut, SMKN 15 Bandung, SMAN 1 Dayeuhkolot, SMKN 8 Pandeglang, SMKN 1 Bogor, SMAN 1 Telukjambe, dan SMA IT Raudhatul Jannah Cilegon.***