"Launching" PPDB, Sukseskan PPDB 2018

BANDUNG, DISDIK JABAR- Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Ahmad Hadadi, membuka Kegiatan Sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sekaligus Launching PPDB Tahun Pelajaran 2018-2019 Jenjang SMA, SMK, dan SLB. Acara dilaksanakan di Grand Hani Hotel, Jalan Raya Lembang KM.12,1 No.15, Lembang, Kabupaten Bandung Barat pada Senin, 14 Mei 2018.

Persiapan yang telah dilakukan untuk menghadapi PPDB tahun ini, telah dilaksanakan semaksimal mungkin. Hadadi optimis, PPDB tahun ini akan berjalan baik dan sukses. “Kami beranggapan semua sekolah sama. Kita ingin melakukan pemerataan kualitas pendidikan. Inilah komitmen kita. Sehingga dengan pemerataan kualitas, PPDB akan berjalan baik,” jelas Hadadi.            

Secara substansial PPDB hadir untuk memberikan keadilan kepada seluruh sekolah. Hadadi berharap, seluruh sekolah di Jawa Barat memiliki kualitas yang sama. Tidak ada lagi pelebelan sekolah-sekolah favorit.
           

“Kami i
ngin seluruh sekolah di Jawa Barat mempunyai kualitas yang sama. Maka sekolahnya dipantaskan. Memantaskan diri, maka tidak ada sekolah elit. Semuanya elit,” ujar Hadadi.
           

Semetara itu, Hadadi mengatakan untuk mensukseskan PPDB, tahun ini Dinas Pendidikan Jawa Barat bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam pengelolaan sistem PPDB 2018. Koordinator PPDB ITB, Asep Harkat mengatakan, sebenarnya kerjasama ini sudah dilakukan dari tahun sebelumnya, yaitu pengelolaan sistem PPDB khusus SMA.
           

“Tahun ini, karena satu sistem PPDB SMA dan SMK, kami semua yang mengelola sistemnya,” ujar Asep.
           

Asep menuturkan, PPDB merupakan hajat yang menyangkut hajat orang banyak. Maka dari itu, Asep menegaskan dengan serius mempersiapkan sistem PPDB. Persiapan yang dilakukan yaitu persiapan hardware, software, standar operasional prosedur (sop), hingga uji kepatuhan. Semua dibicarakan matang-matang dengan terlebih dahulu menyamakan visi dan misi kedua belah pihak.

“Intinya ITB siap menjadi partner dari sisi teknis. Karena ini menyangkut hajat hidup orang banyak. Sekecil apapun kesalahan akan kami minimalisir. Kita sudah mulai melakukan sosialisasi. Untuk PPDB ini kami.siap. Kami berkolaborasi menjadi satu tim dengan disdik,” tegas Asep.***