Ayo Bersiap Menuju Olimpiade Sains 2018

BANDUNG – Berdasarkan surat edaran dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah, maka diberitahukan bahwa setiap sekolah diharapkan melakukan persiapan untuk mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2018 untuk jenjang SMA/MA.

Pada tahap awal seleksi akan diadakan Olimpiade Sains Kabupaten (OSK), untuk kemudian dipilih melaju ke tahap seleksi Olimpiade Sains Provinsi (OSP), dan kemudian memasuki tahap seleksi ke Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2018. Hasil dari ini merupakan titik awal pemilihan tim olimpiade sains indonesia yang akan dikirim di Olimpiade Sains tingkat Internasional yang rutin diadakan setiap tahun.

Di tahun 2018 ini, OSN ke-17 akan dilaksanakan di Padang, Sumatera Barat pada 1 hingga 7 Juli 2018  mendatang. OSN kali ini meliputi bidang Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian dan Geografi.

Seleksi Olimpiade Sains Tingkat Kabupaten/Kota (OSK) dan Olimpiade Sains Tingkat Provinsi (OSP) untuk jenjang SMA/MA akan dilaksanakan dengan beberapa ketentuan, seperti setiap sekolah maksimal diwakili oleh tiga orang peserta pada setiap bidang lomba, para pemenang juara satu hingga tiga OSK di setiap lomba ditetapkan sebagai peserta seleksi OSP.

Ketentuan selanjutnya adalah pelaksanaan OSK dan OSP dilakukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi dengan membentuk kepanitiaan yang dapat melibatkan unit layanan teknis dan/ atau Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) yang relevan di tingkat daerah masing-masing. Proses seleksi OSK dilaksanakan oleh Tim Juri yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi, dengan melibatkan unsur Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) yang relevan di daerahnya masing-masing. Sementara untuk OSP, Tim Juri dibentuk dan ditetapkan oleh Direktur Pembinaan SMA.

Kemudian, perihal perangkat soal dan lembar jawaban untuk OSK dan OSP, disiapkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. Perangkat soal dan lembar jawaban untuk seleksi OSK akan diserahkan ke Dinas Pendidikan Provinsi secara online, yang akan diwakilkan oleh satu orang petugas dari Dinas Pendidikan Provinsi, untuk menerima username & password. Hal tersebut guna mengunduh soal-soal OSK tersebut dan meneruskannya ke tingkat dinas kabupaten/kota masing-masing. Soal-soal OSK dapat diunduh mulai Selasa, 20 Februari 2018 dengan petunjuk teknis yang sudah terlampir. Untuk OSP, perangkat soal dan lembar jawaban akan dibawa langsung oleh petugas pusat pada saat pelaksanaan seleksi OSP.


Untuk data peserta OSK dan OSP tahun 2018 bisa segera dikirimkan melalui alamat e-mail subdit.kpd.psma@kemdikbud .go.id paling lambat 26 Maret 2018. Berkaitan dengan tempat dilaksanakannya OSK dan OSP, diserahkan kepada masing-masing Dinas Pendidikan Provinsi.