UNKP SLB Negeri A Bandung Berjalan Lancar

BANDUNG, DISDIK JABAR - Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat (Kadisdik Jabar), Ahmad Hadadi, memantau pelaksanaan Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP) di SLB Negeri A Bandung, Jalan Padjadjaran No. 50-52 Kota Bandung, Jawa Barat pada Selasa, 10 April 2018.

Kadisdik Jabar, Ahmad Hadadi, mengatakan hari kedua pelaksanaan UNKP di SLB Negeri A Bandung berjalan lancar dan tanpa kebocoran.
“Untuk Sekolah Luar Biasa (SLB) kami tidak menggunakan komputer, tapi UNKP, ujian nasional dilaksanakan menggunakan kertas dan pensil,” ujar Kadisdik Jabar, Ahmad Hadadi.

Lebih lanjut, Kadisdik Jabar, Ahmad Hadadi, menjelaskan, jumlah SMALB seluruh Jawa Barat yang melaksanakan UNKP berjumlah 52 sekolah dengan jumlah peserta 201 siswa. Untuk SLB Negeri A Bandung sendiri, terdapat 13 siswa dengan hambatan penglihatan (tunanetra) yang melaksanakan ujian. Mereka terdiri dari dua jurusan yaitu jurusan Teknologi Informasi dan Komputer (TIK) dan Jurusan Seni Musik.

Jadwal ujian SMALB berbeda dengan SMA dan MA. Kadisdik Jabar, Ahmad Hadadi, mengatakan pelaksanaan ujian untuk SMALB hanya dilaksanakan tiga hari. Mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia, Matematika dan bahasa Inggris.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas dan Advokasi SLBN A Bandung , Tri Bagio, mengatakan soal-soal yang disediakan dalam pelaksanaan ujian merupakan soal yang aksesibel bagi peserta didik tunanetra. Soal tersebut berbentuk huruf braille sehingga setiap peserta didik dapat mengerjakan secara mandiri.

“Selain soal ujian dalam bentuk huruf braille, pengawas ujian juga merupakan guru dari sekolah lain yang segugus yakni gugus IX Kota Bandung,” ujar Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas dan Advokasi SLBN A Bandung , Tri Bagio.

Optimis

Sementara itu, Kepala SLB Negeri A Bandung, Basuki Rahardjo berharap, pelaksanaan ujian nasional tahun ini berjalan lancar. Basuki optimis siswa dapat lulus dengan nilai yang baik.

“Guru-guru tetap optimis dan memiliki harapan pelaksanaan UNKP ini berjalan dengan baik. Mereka (siswa) akan berhasil, lulus dan dapat melanjutkan ke perguruan tinggi baik negeri ataupun swasta di Kota Bandung maupun di seluruh Indonesia sesuai permintaan dari setiap peserta didik,” jelas Kepala SLB Negeri A Bandung, Basuki Rahardjo.***