Hati-Hati, Game Poki Terbukti Mengajarkan Kekerasan pada Anak

BANDUNG - Permainan game online “Pukul Guru Anda” dinilai sangat meresahkan masyarakat. Pasalnya, permainan online ini viral karena berisikan kekerasan seorang anak kepada gurunya. Permainan online yang dirilis oleh penerbit permainan asal Amsterdam, Belanda bernama Poki ini, sudah tidak dapat dimainkan setelah mendapat tindakan tegas dari Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) Indonesia.

Cara bermain game “Pukul Guru Anda” adalah dengan menggunakan barang-barang di kelas untuk memukul guru. Berikut adalah keterangan permainan yang tercantum dalam situs Poki.


“Gunakan benda-benda di dalam kelas untuk membunuh guru Anda! Permainan buang stres ini berfitur berton-ton kekerasan yang brutal dan grafis. Tujuannya adalah menggunakan benda biasa sebagai senjata mematikan. Anda bisa menyebabkan kerusakan fatal dengan buku, stapler, payung, dan benda-benda biasa lain di kelas! Pukul Guru Anda merupakan salah satu Permainan Aksi pilihan kami”.

Menanggapi fenomena itu, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Ahmad Hadadi menegaskan bahwa permainan online tersebut sangat tidak mendidik. Ia mendukung kebijakan Kemkominfo yang bertindak tegas menegur penerbit permainan tersebut. Terlebih, menurutnya kondisi lingkungan mempengaruhi karakter anak hingga 70%, sedangkan sekolah hanya 20%.

“Anak itu dipengaruhi apa yang dibaca, apa yang didengar, apa yang ditonton, dan kebiasaannya serta pergaulannya,” kata Hadadi saat ditemui di kantornya, Dinas Pendidikan Jawa Barat, Jalan Dr Rajiman Nomor 6, Bandung, Rabu (7/2/2018).


Ia menyebutkan, Dinas Pendidikan Jawa Barat menggencarkan Sekolah Rumah Kedua bagi anak dan Sekolah Ramah Anak. Hal ini bertujuan untuk mencegah kekerasan, baik antar anak maupun dengan guru. Selain itu, berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor: 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter, pendidikan kini bertujuan memperkuat karakter siswa.