P4TK BMTI adakan Rapat Koordinasi Pemantapan Tempat Magang Guru SMK

Menindaklanjuti kegiatan Pembekalan Program Sertifikasi Pendidik dan Sertifikasi Keahlian Bagi Guru SMK (Keahlian Ganda), PPPPTK BMTI mengadakan Rapat Koordinasi Pemantapan SMK Tempat Magang Program Keahlian Ganda untuk Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa, Teknologi Informasi dan Komunikasi pada wilayah Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Bali, Lampung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Utara. Kegiatan berlangsung pada hari Selasa - Kamis, 13 – 15 Desember 2016, di Hotel Ibis Kota Bandung.

Kegiatan ini merupakan rangkaian percepatan program Kemdikbud untuk mencapai 91.000 guru produktif pada tahun 2019, yang hingga saat ini sudah tercapai 1.800 guru dengan keahlian ganda dan tahun depan ditargetkan mencapai 15.000 guru.

Hal ini sesuai dengan harapan yang disampaikan Mendikbud, Muhadjir Effendy, untuk menerapkan transformasi guru ke arah keahlian ganda. Karena hal ini  merupakan bagian dari penguatan kapasitas guru menghadapi perubahan tantangan keahlian yang semakin maju.

Mendikbud juga berharap agar para guru dengan keahlian ganda semakin produktif lagi. Bila perlu keahlian barunya bisa lebih baik daripada keahlian lamanya karena didukung pemagangan di dunia industri dan dunia usaha, hal ini sangat penting karena merupakan salah satu syarat revitalisasi SMK.
Guru menjadi garda terdepan pendidikan. Khusus untuk guru SMK, keharusan menyiapkan tenaga terampil dapat dimulai dari keahlian dan keterampilan gurunya.
Idealnya ketersediaan tenaga terampil jauh lebih besar daripada tenaga kasar maupun tenaga elit profesional. Untuk itu SMK diharapkan harus bisa menjawab kebutuhan itu.