• Fauzan Abdul Syukur Kesuma
  • 10 May 2018
  • 191 views

Intip Dapur Produksi Film dan Program Televisi, Yuk!

SUASANA teduh, rindang, dan asri menyelimuti pagi hari di SMKN 1 Cimahi, tepatnya di Jalan Maharmartanegara, Cimahi Selatan, Kota Cimahi. Saat ini SMKN 1 Cimahi memiliki 9 Jurusan, diantaranya yaitu : 

1.          Teknik Pendingin dan Tata Udara (TPTU)
2.          Teknik Otomasi Industri (TOI) [dulu Listrik Industri (LIND)]
3.          Kontrol Proses (KP)
4.          Kontrol Mekanik (KM)
5.          Teknik Elektronika Komunikasi (TEK) [dulu Teknik Transmisi (TETRAN)]
6.          Teknik Elektronika Industri (TEI) [dulu Elektronika Industri dan Komputer (EINDKOM)]
7.          Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)
8.          Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
9.          Teknik Produksi dan Penyiaran Program Pertelevisian (TP4) kalau sekarang Teknik Produksi Film dan Program Televisi 

SMK Negeri 1 Cimahi (STM Pembangunan Bandung) merupakan salah satu Lembaga Pendidikan Menengah Kejuruan di Kota Cimahi, Jawa Barat yang menyelenggarakan Program Pendidikan Kejuruan 4 Tahun, dan merupakan salah satu SMK dari 8 (delapan) SMK Negeri di Indonesia yang memiliki program 4 (empat) Tahun.
 

Pada saat Tim Tikomdik kesana, ramah tamah security, siswa-siswi, dan guru-guru menyambut kami semua dengan baik. Nah, tim Tikomdik disini akan membahas tentang jurusan Teknik Produksi dan Penyiaran 
Teknik Produksi Film dan Program Televisi.
 Kami disambut oleh ibu Linda, untuk meliput kegiatan ujian akhir kelas XII, dengan ujian mempergunakan multicam, jadi tim kami masuk kedalam dapur siaran produksi TV yang sedang live atau on air. Dan sudah bisa di tonton disekitaran kawasan Leuwigajah, karena telah memiliki transmiter penyiaran. 

“Disini para kelompok melakukan on air, setelah menyusun program acara pertelevisiannya, seperti story board, job desk, pembuatan property, mengundang narasumber, bagian lighting, kameramen, sound, dan lain-lain,” ujar Mila Karmila selaku guru Penulis Naskah. Mila Karmila juga menjelaskan kelompok tersebut sebanyak 12 siswa-siswi membuat program acara variety show, dengan tajuk Remaja dan Sejarah. Karena berhubungan dengan sejarah, mengundang narasumber dari Cimahi Heritage. 

Selama 24 menit konten, dan 6 menit Iklan, sehingga total durasi adalah 30 menit. “Mereka bikin iklan-iklan juga sendiri, dan pengambilan tentang konten Cimahi Heritage juga sendiri, sehingga saat live sudah siap data-data dan visualnya,” ujar Mila Karmila. 

Kurang lebih 30 menit, tim Tikomdik menunggu sang ketua kelompok atau producer-nya untuk diwawancarai. “Kita bikin dari nol ini, hingga membentuk tim, kemudian mengumpulkan data dan visualnya hingga untuk acara live ini, selama 3 Bulan,” ujar Mega Mahar sang producer

Mega Mahar menjelaskan kesulitannya ialah membuat ide awal, kemudian memasukan dan memilih ide mana yang terbaik ketika bermusyawarah bersama tim kelompoknya. “Kalau sukanya, senengnya tuh, kita kerja bersama-sama, kerja bareng, karena kerja ini membutuhkan tim yang solid, dan alhamdulillah temen-temen semua solid dan keren-keren,” tambah Mega Mahar sambil kegirangan usai melakukan ujian tersebut. 

Tatang Rusmana selaku Ketua Prodi 
Teknik Produksi Film dan Program Televisi menjelaskan bahwa ujian akhir jurusan Teknik Produksi Film dan Program Televisi tersebut bertujuan agar siswa-siswinya memiliki pengalaman, kompetensi softskil, dan hardskill di bidang multi camera system, sebelum beranjak ke PKL Industri kelas XIII, PKL Indsutri tersebut selama 3 bulan lamanya.
 

Multi Camera System ini hanya ada satu di kota Cimahi, hanya ada di SMKN 1 Cimahi saja, dan antusiasnya anak-anak menggemarinya,” kata Tatang. 

Tatang berharap anak-anak didiknya bisa mendapat pengalaman, dan bagaimana menjaga komunikasi dan kerjasama yang baik. “Tidak lupa juga kami berterimakasih kepada Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat telah membantu sarana yang represntatif,” jelas Tatang. 

Tatang juga berharap, mudah-mudahan saja ada lomba Multi Kamera Sistem, untuk memicu anak-anak SMK untuk berkarya khusnya dibidang perelevisian.***