Genlits, Hidupkan Kegiatan Sekolah Melalui Teras Literasi

BANDUNG - SMA Negeri 9 Bandung menyediakan fasilitas berupa Teras Literasi bagi para siswanya guna menumbuhkan semangat literasi para siswa. Untuk membuat tempat ini semakin edukatif dan atraktif, maka dibuatlah berbagai program yang dilakukan oleh organisasi bentukan siswa dan guru, Generasi Literasi Sembilan (Genlits). Organisasi ini bertujuan untuk menghidupkan kegiatan Teras Literasi, dimulai dengan mendesain tempat supaya siswa yang singgah di Teras Literasi merasa nyaman untuk membaca.

Salah seorang pengurus Genlits, Omet Rasyidi mengatakan setiap bulan pihaknya merancang program khusus. Program tesebut diantaranya, penulisan puisi, cerpen, artikel, program penghidupan mading sekolah, dan lain-lain. Organisasi yang beranggotakan sekitar 121 siswa ini, terdiri dari Ketua, Sekretaris, dan Bendahara. Para anggota ini pun merancang berbagai program pengembangan organisasi , pelatihan IT dan digitalisasi, humas, pemeliharaan dan logistik.

“Yang membedakan teras literasi dengan perpustakaan adalah suasananya yang lebih santai, dan peminjaman buku yang tidak bisa dibawa pulang. mengatakan jika buku-buku yang ada di teras literasi berasal dari guru dan siswa kelas XI dan XII,” jelas Omet.

Ia berharap, dengan adanya Teras LIterasi di sekolahnya ini, semua siswa SMAN 9 Bandung dapat membuat karya-karya tulis atau sastra lainnya, yang ke depannya bisa bermanfaat, baik karyanya berupa lisan maupun tulisan.  “Harapan saya, siswa dan siswi di sini dapat menjadi generasi yang berliterasi dan bisa bebas berkarya,” tutupnya,