Memilih Jurusan yang Tepat di Education Expo 2018

BANDUNG – Pameran pendidikan bertajuk Education Expo 2018 kembali digelar di SMAN 20 Bandung, jalan Citarum No. 23 pada Kamis (22/1/2018). Acara ini mengusung tema “Pilihan Tepat dan Sikap Cerdas Awal dari Kesuksesan” dan diikuti oleh sekitar 45 Perguruan Tinggi di Jabar. Acara yang terbuka untuk umum ini pun dibuka oleh Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Jawa Barat, sekaligus Bunda Literasi Jawa Barat, Netty Heryawan.

Dalam sambutannya, Netty menuturkan dengan adanya pameran pendidikan, orang tua bisa lebih memberikan kebebasan dan ruang berpartisipasi kepada anak untuk mengemukakan pendapat khususnya soal memilih program studi/jurusan apa yang nanti anak ambil ketika melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Tak hanya itu, ia pun berharap ada kolaborasi antara orang tua, anak, dan guru dalam mendiskusikan tingkat pendidikan lanjut.
 

“Harus ada kolaborasi antara orang tua dengan anak dan guru. Jangan sampai ketika memilih jurusan (red-ketika kuliah) ada tindakan diskriminatif dengan memaksakan anak mengambil jurusan yang tidak  dia inginkan,” ujarnya.

Netty menjelaskan, dalam memilih jurusan sebaiknya sesuai dengan minat dan bakat anak, yang bisa dilihat sejak di bangku sekolah menengah. Jurusan tersebut memang dipilih secara sadar dan bertanggung jawab, bukan pilihan yang dipaksakan atau sekedar ikut-ikutan. Dengan jurusan tersebut maka bisa dijadikan pijakan dasar bagi anak untuk berkembang dan meraih kesuksesan.

Menurutnya, salah satu kunci keberhasilan seseorang yaitu perihal karakter pribadi yang berbasis agama. Karakter tersebut tidak hanya mencerminkan perilaku tuntunan tetapi juga berkaitan dengan hal lainnya, baik itu dari sisi moral maupun kinerja. Selain itu, Netty pun menyampaikan bahwa penguasaan literasi menjadi salah satu kunci kesuksesan seseorang. Tidak hanya soal literasi yang sifatnya membaca dan menulis, tetapi juga literasi media khususnya dalam memilih media mana yang baik dari segi tayangan.

Sementara itu, salah satu siswa SMAN 20 yang hadir dalam pameran, Kirana Syahnan mengungkapkan acara Education Expo 2018 ini memberikan pencerahan kepada para siswa yang belum mengetahui informasi-informasi tentang Perguruan Tinggi.


“Menurut saya, acara ini cukup membantu para siswa yang kurang mengetahui informasi tentang perkuliahan itu seperti apa materinya, jurusannya, dan bisa langsung ditanyakan di stand perguruan tingginya masing-masing,” tutup Kirana.