25.650 Guru Lolos Seleksi AkademikPeserta PPG dalam Jabatan

BANDUNG, DISDIK JABAR – Sebanyak 25.650 dari 63.050 guru di Jawa Barat dinyatakan memenuhi syarat sebagai peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan, melalui seleksi akademik dan administrasi tahun 2018. Tahun ini, jumlah sasaran PPG Dalam Jabatan sebanyak 20.000 orang.  

Kepala Bidang Guru Dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Jawa Barat, Asep Suhanggan menyampaikan, dengan diselenggarakan PPG Dalam Jabatan ini, tingkat kompetensi guru dalam tugas pendidik akan meningkat. Ia ditemui di Dinas Pendidikan Jawa Barat, Jl. Dr. Rajiman No.6, Pasir Kaliki, Cicendo, Kota Bandung, awal pekan kemarin.

“Dalam hal ini Dinas Pendidikan Jawa Barat melalui GTK melaksanakan seleksi bagi guru dalam jabatan untuk mengikuti PPG khususnya dalam jabatan,” himbaunya.

Asep mengungkapkan bahwa di tahun ini terdapat 133 tempat uji kompetensi pada 177 sekolah yang menyelenggarakan PPG dalam Jabatan. Sekolah yang dipakai meliputi jenjang Dikmen SMA, SMK dan Dikdas SMP.

Adapun prioritas yang ditetapkan berdasarkan kriteria pada PPG dalam Jabatan tahun ini, diantaranya guru dengan usia diatas 50 tahun per tanggal 31 Desember 2017; guru mengajar di daerah khusus atau daerah tertinggal, terluar, dan terdepan (3T); guru Pendidikan Luar Biasa (Kode 800); guru produkif di SMK; dan guru lainnya berdasarkan ranking skor hasil seleksi akademik.

Selain kriteria di atas PPG dalam Jabatan pun mempertimbangkan beberapa hal, diantaranya perguruan tinggi dengan Program Studi PPG dan bidang studinya yang ditetapkan oleh Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi; jumlah rombongan belajar per bidang studi pada perguruan tinggi penyelenggaran PPG Dalam Jabatan; dan jumlah mahasiswa per rombongan belajar maksimal 30 orang.

Pengumuman penetapan calon peserta PPG Dalam Jabatan dan penempatan ke perguruan tinggi dilakukan dalam dua tahap. Tahap 1 telah dilaksanakan pada 18 Mei 2018 dan tahap 2 akan dilaksanakan pada 25 Juni 2018. Guru yang sudah ditetapkan sebagai mahasiswa PPG Dalam Jabatan tahap 1 menunggu informasi lebih lanjut dari perguruan tinggi penyelenggara terkait cara dan jadwal pelaksanaan daring. Pemberitahuan dari perguruan tinggi dijadwalkan tanggal 31 Mei - 8 Juni 2018.***