Disdik Adakan Workshop Penulisan Soal USBN SMA.

KAB. BANDUNG BARAT – Dalam rangka peningkatan mutu pembangunan provinsi Jawa Barat yaitu peningkatan kualitas pendidikan, Dinas Pendidikan Jawa Barat mengadakan Workshop Penulisan Soal USBN SMA Tahun Pelajaran 2017/2018 Tahap 2 di Grand Hani Hotel, Jalan Raya Lembang KM 12,1 No. 15 Kabupaten Bandung Barat. Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari yaitu pada Senin - Rabu (12-15/2/2018).

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Ahmad Hadadi menuturkan, Jawa Barat ingin lebih awal menyiapkan USBN guna menentukan kelulusan siswa dan menjadi evaluasi untuk Ujian SMA.

“Kami ingin lebih awal dalam menyiapkan USBN. Ini adalah bagian dari proses pembelajaran dan pendidikan kita. Kegiatan ini sangat menentukan kelulusan siswa, dan bagian dari evaluasi proses penyelenggaraan Ujian SMA di Jawa Barat,” jelasnya.

Sementara itu, menurut Kepala Bidang Pendidikan Menengah Umum, Dinas Pendidikan Jawa Barat, Yesa Sarwedi Hamiseno, kebijakan pelaksanaan Ujian Sekolah mulai tahun pelajaran 2016/2017, bahwa kisi-kisi Ujian Sekolah 20%-25% disusun oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk semua mata pelajaran, kecuali Agama dan Budi Pekerti. Sedangkan 75%-80% soal setiap mata pelajaran, disusun oleh wilayah atau provinsi masing-masing.

“Untuk mendukung hal tersebut, pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui
[A1] Bidang Pendidikan Menengah Umum (PMU) mengadakan workshop pemberdayaan MGMP dalam rangka penulisan soal USBN SMA tahun ajaran 2017/2018 tahap 2,” ujar Yesa.


Tujuan diadakannya kegiatan penulisan soal USBN tahun ajaran 2018-2018 tahap dua yaitu, untuk meningkatkan pemahaman guru tentang karakteristik kisi-kisi USBN, untuk meningkatkann kemampuan dan keterampilan guru dalam menulis soal, dan menghasilkan masing-masing tiga paket soal untuk mata pelajaran yang diujikan, baik Kurikulum 2006 maupun Kurikulum 2013.

Workshop ini diikuti oleh 90 orang guru SMA (untuk 9 mata pelajaran) di Jawa Barat  yang sudah bisa menulis soal ujian.
Mata pelajaran yang ditulis soal USBN adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Inggris, Matematika, Sejarah Peminatan, Penjaskes, Seni Budaya, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), serta Kewirausahaan.