Ini Dia Potensi Kerja Jurusan Saintek yang Paling Diminati Peserta SBMPTN

BANDUNG - Setiap tahunnya siswa-siswi lulusan SMA/sederajat yang ingin masuk perguruan tinggi, mempersiapkan diri mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). SBMPTN ini merupakan salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang terkenal cukup ketat.

Pada 2017 lalu, terdapat 10 program studi yang paling banyak diminati oleh peserta SBMPTN. Program studi tersebut adalah Manajemen, Akuntansi, Ilmu Hukum, Pendidikan Dokter, Teknik Sipil, Ilmu Komunikasi, Teknologi Informasi, Psikologi, Farmasi, dan Agribisnis.
Setelah sebelumnya kita membahas tiga program studi yang paling banyak diminati dari jurusan soshum (IPS), (baca: Ini Dia Potensi Kerja Jurusan yang Paling Diminati Peserta SBMPTN) kini akan dibahas tiga program  studi yang paling diminati jurusan saintek (IPA).

Berikut kita kupas potensi kerja tiga program studi saintek dengan minat terbanyak SBMPTN 2017.


1.     
Kedokteran/Pendidikan Dokter
Jurusan kedokteran merupajan jurusan yang cukup cepat dalam memperoleh kerja. Potensi pekerjaan jurusan ini adalah lulus kedoketeran atau pendidikan dokter yang memupyai ijin praktik dapat membuka praktik menjadi dokter umum, untuk lulusan S2 spesialis akan menjadi dokter spesialis, lulusan dokter juga dapat membuka klinik pribadi. Selain itu, lulusan pendidikan dokter biasa menjadi peneliti, dosen, bekerja di Departemen Kesehatan, Kepolisian hingga TNI yang membutuhkan bidang kesehatan.

2.     
Teknik Sipil
Lowongan pekerjaan untuk program studi teknik sipil selalu ada seiring dengan pembangungan fasilitas dan infrastuktur suatu wilayah. Peluang kerjanya adalah menjadi konsultan konstuksi bangunan, kontaktor, memegang proyek pembagunan,  insinyur konstruksi, insinyur pemeliharaan bangunan, insinyur sumber daya perairan dan masih banyak lagi.

3.     
Teknik Informatika
Ilmu informatika bisa jadi adalah ilmu yang paling banyak dibutuhkan kini. Apalagi melihat perkembangan teknologi informasi kini. Peluang kerja program studi teknik informatika diantarnya menjadi system analyst, system integrator, konsultan IT, computer network, data comunication engineer, mobile programmer, pengajar IT, intelligent system developer, software engineer dan masih banyak lagi.