Olimpiade Nasional Bahasa Arab SMA dan Sederajat 2018

FORUM Musyawarah Guru Mata Pelajaran (F-MGMP) Bahasa Arab SMA se-Indonesia menggelar Olimpiade Nasional Bahasa Arab SMA dan Sederajat tahun 2018. Olimpiade Nasional Bahasa Arab SMA dan Sederajat ini merupakan event tahunan yang kedua. Sebelumnya pada 2017 kegiatan ini juga telah digelar sukses.

Pendaftaran Olimpiade Nasional Bahasa Arab SMA dan Sederajat ini telah dibuka sejak 12 Maret 2018 dan akan berakhir pada 12 April 2018. Pendaftaran dilakukan secara daring melalui alamat http://gg.gg/pendaftaran_olimpiade_bahasa_arab_2018.

Peserta olimpiade adalah siswa kelas X dan XI pada saat pendaftaran. Kisi-kisi dari kurikulum 2013 Bahasa Arab SMA Kelas X, XI, dan XII serta pengetahuan umum. Peserta diwajibkan memiliki akun EXAMBOX, EDMODO dan SCHOOLOGY. Masing-masing sekolah berhak mengirim peserta maksimal 25 orang. Biaya pendaftaran dapat di transfer melalui rekening yang diinformasikan selajutnya. 

Seleksi sesi 1 akan digelar serentak secara nasional pada 14 April 2018 di tiap kota/kabupaten. Seleksi selanjutnya (tingkat provinsi) dilaksanakan serentak di masing-masing provinsi pada 5 Mei 2018. Selanjutnya acara grandfinal direncanakan akan dilaksanakan di Jakarta. 

2.500 peserta

Olimpiade ini terdiri dari tiga kategori yaitu pertama kategori SMA dan SMK Negeri, kedua kategori SMA dan SMK Swasta, dan ketiga kategori MA Negeri dan Swasta. Pada saat grandfinal akan ditentukan juara 1, 2 dan 3 dan 7 besar lainnya dari tiap-tiap kategori untuk mendapatkan piala, uang pembinaan, dan bingkisan lainnya. Total hadiah olimpiade ini senilai puluhuan juta rupiah.

Hingga Selasa 10 April 2018 pendaftaran telah mencapai diatas angka 1000-an peserta, dari target peserta 2.500 siswa. Seluruh peserta akan mendapatkan sertifikat keikutsertaan Olimpiade Nasional Bahasa Arab SMA dan Sederajat ini berikut pula guru dari masing-masing sekolah sebagai pendamping.

Tujuan utama olimpiade ini ialah mensyiarkan bahasa Arab di Indonesia khususnya bagi kalangan siswa/siswa SMA dan Sederajat, kedua memacu prestasi siswa/siswa SMA dan Sederajat di Indonesia dalam bahasa Arab, ketiga (terakhir) menumbuhkan minat masyarakat Indonesia secara umum terhadap bahasa Arab sebagai salah satu bahasa Internasional di dunia.***