SMKN 15 Bandung Raih Prestasi di Dua Ajang Kompetisi
SMKN 15 Bandung meraih harapan I dalam Lomba Aneka Makanan Berbahan Baku Kopi dan menyabet peringkat III pada kompetisi Pekan Kerajinan Jawa Barat.
SMKN 15 Bandung Raih Prestasi di Dua Ajang Kompetisi
Oleh Riska Y. Imilda
12 November 2019, 12:11 WIB    134 views       Headline

BANDUNG, DISDIK JABAR — Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 15 Bandung berhasil meraih harapan I dalam Lomba Aneka Makanan Berbahan Baku Kopi dan menyabet peringkat III pada kompetisi Pekan Kerajinan Jawa Barat. Dalam ajang tersebut, tim SMKN 15 Bandung membuat dessert berbahan dasar kopi.

Tim Lomba Aneka Makanan Berbahan Baku Kopi yang beranggotakan M. Rasyid, Siti Nur Azizah, dan Victoria Adam ini, bersaing melawan 18 tim lain se-Kota Bandung dalam membuat main course dan dessert berbahan dasar kopi. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat (Jabar) ini juga bertujuan meningkatkan sosialisasi, promosi, dan edukasi kopi kepada masyarakat Jabar.

Rasyid dan rekan-rekan mencoba mengkreasikan kopi yang tengah tren di kalangan milenial tersebut tidak hanya sebagai minuman. Saat ini, minum kopi sudah menjadi ritual atau gaya hidup masyarakat, meski efek samping dari meminum kopi secara berlebihan yang dapat memicu permasalahan kesehatan.

Namun, melalui tangan ketiga siswa tersebut, kopi sukses dikreasikan menjadi makanan pencuci mulut. Makanan pencuci mulut ini disebut "Coffee Dessert".

“Paduan kopi yang pahit dan dessert yang manis menimbulkan cita rasa tersendiri. Dessert berbahan kopi ini juga cocok menjadi teman minum kopi atau sebagai pengganti bagi orang-orang yang memiliki masalah jika meminum kopi terlalu banyak,” tutur Rasyid.

Dari segi rasa, "Coffee Dessert" juga dipastikan tidak terlalu manis karena cita rasa kopi yang pahit dan asam masih sangat melekat.

Melihat prestasi yang diraih oleh siswanya, Kepala Program Keahlian Tata Boga SMKN 15 Bandung, Agustina Dwiratmi mengaku bangga dan bersyukur. Ia pun mengapreasi kerja keras anak didiknya yang telah mengharumkan nama sekolah. “Walaupun di tengah cuaca yang kurang mendukung ketika lomba berlangsung (hujan, red), siswa tetap semangat dan fokus menyelesaikan hidangan untuk lomba. Alhamdulillah, semua perjuangan mereka terbayar dengan raihan ini,” ujar Agustina, Selasa (12/11/2019).

Selain dalam Lomba Aneka Makanan Berbahan Baku Kopi, SMKN 15 Bandung juga meraih prestasi pada Lomba Lukis Payung Pekan Kerajinan Jawa Barat.

Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMKN 15 Bandung, Bayu Wahyudi mengungkapkan, prestasi yang diraih ini bisa memotivasi siswa lain untuk berprestasi dan menggali potensi mereka. "Bahkan, dapat menjauhkan mereka dari kegiatan negatif atau yang kurang bermanfaat,” tutupnya.***


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar