Lomojari untuk Motivasi Pelajar SMP dan SMA Terbuka
Lomojari untuk Motivasi Pelajar SMP dan SMA Terbuka
Diposting oleh Vanni Hadiani, Sumber berita dari Dinas Pendidikan Jawa Barat
06 Agustus 2018, 07:45 WIB    84 views       Headline

CIANJUR, DISDIK JABAR – Demi meningkatkan motivasi belajar bagi peserta didik tingkat SMP dan SMA Terbuka, Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus (PK-PLK) Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat mengadakan Lomba Motivasi Belajar Mandiri (Lomojari) Tingkat Provinsi Tahun 2018. Lomojari diselenggarakan di Hotel Indo Alam, Jalan Raya Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jumat 3 Agustus 2018.

Kepala Bidang Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus, Dadang Rahman mengungkapkan bahwa kegiatan ini terdiri dari lomba hasil belajar secara akademik, berupa cerdas cermat dan lomba hasil belajar kewirausahaan dalam rangka Program Pengembangan Keterampilan (PPK), berupa pameran keterampilan. Kemampuan para peserta didik SMP dan SMA Terbuka tidak perlu diragukan lagi. Terlihat dari hasil cerdas cermat pada kegiatan ini, kemampuan akademik mereka tidak jauh berbeda dibandingkan dengan peserta didik di sekolah biasa (reguler). 

Dadang juga menyebutkan bahwa sebagian produk siswa telah bekerjasama dengan pelaku usaha di bawah binaan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) yaitu organisasi pengusaha Indonesia yang bergerak di bidang perekonomian.  Adapun produk siswa yang telah dipasarkan secara langsung ataupun online. Salah satunya terdapat produk dari siswa Kota Bogor menyajikan berbagai macam keripik, diantaranya keripik balitung, keripik singkong, keripik pipih dan lainnya. 

“Hasil pameran keterampilan dan kewirausahaan menunjukkan hasil karya yang luar biasa, baik secara mutu maupun kualitas. Hasil keterampilan tersebut sudah masuk secara ritel di dunia usaha,” ujar Dadang.

Para peserta terdiri dari siswa SMA Terbuka dan SMP Terbuka utusan dari 27 kabupaten dan kota di Jawa Barat. Setiap kabupaten dan kota mengutus empat regu yg terdiri 16 orang yaitu, 3 orang peserta cerdas cermat SMP Terbuka, 3 orang peserta pameran kewirausahaan SMP TER, 3 orang peserta cerdas cermat SMA Terbuka, 3 orang peserta pameran kewirausahaan SMA Terbuka, serta 4 orang guru pembimbing.
Selain itu Dadang juga berharap dengan dilaksanakannya kegiatan Lomojari ini dapat memotivasi peserta didik dalam pembelajaran dan dapat tersosialisasinya program Sekolah Terbuka di Jawa Barat. Serta dengan adanya promosi hasil belajar keterampilan dan kewirausahaan, siswa dapat menjadi manusia yang produktif dan sejahterah dalam dunia usaha serta industri. 

“Kita akan terus berusaha agar para peserta didik di SMP Terbuka dan SMA Terbuka dapat menyokong perekonomian keluarga dan bangsa,” tutup Dadang dalam kegiatan Lomojari ini.***


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar