Alokasi Anggaran Diprioritaskan untuk Mutu Pendidikan
Ilustrasi
Alokasi Anggaran Diprioritaskan untuk Mutu Pendidikan
Oleh Tien, Sumber berita dari Media Massa
14 September 2018, 08:40 WIB    94 views       Headline

BANDUNGDISDIK JABAR -  Pemerintah pusat menganggarkan Rp 444 triliun untuk sektor pendidikan pada 2018. Dari jumlah tersebut, lebih dari 60 persen anggaran ditujukan untuk transfer daerah.

Ini artinya, pemerintah daerah selaku pemangku kebijakan pendidikan mempunyai kewenangan mengatur dana pendidikan yang diterimanya.

Seperti dikutip dari Kompas, Jumat 14 September 2018, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Totok Suprayitno mengatakan perlu adanya perubahan pola pikir yang menganggap peningkatan mutu pendidikan dinilai dari infrastruktur.

“Perencanaan alokasi anggaran yang memprioritaskan peningkatan kemampuan guru, siswa,dan penyediaan buku adalah keniscayaan,” katanya.

Totok mengakui mengubah pola pikir memang lebih rumit. Sering kali pembangunan infrastruktur pendidikan lebih diminati karena hasilnya cepat tampak dan bisa dihitung dengan sederhana. Totok mengatakan salah satu pendekatan yang diberikan kepada pemerintah daerah selaku pemangku kebijakan pendidikan adalah melakukan pemetaan kebutuhan sarana sekolah.

Sarana fisik mendasar harus segera dipenuhi. Contohnya adalah ketersediaan ruang kelas, meja, kursi, toilet, perpustakaan, dan laboratorium. Namun sarana tambahan seperti penyejuk ruangan, aliran internet, dan fitur hiasan sekolah tidak perlu segera dipenuhi karena tidak terkait langsung dengan mutu pembelajaran.

“Dana itu bisa digunakan untuk membiayai  pelatihan guru melalui MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) dan KKG (Kelompok Kerja Guru). Juga untuk memastikan buku teks atau pun bacaan menarik bagi siswa tersedia di perpustakaan sekolah,” ujar Totok.***


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar