Era Digital, Tantangan dan Memudahkan
Workshop Penyusunan Infografis bagi Guru SMA, SMK, dan SLB yang digelar oleh DInas Pendidikan Jawa Barat di Grand Hani Hotel, Jl. Raya Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Selasa 7 November hingga 9 Nove
Era Digital, Tantangan dan Memudahkan
Oleh Siti Maryam Delina F, Sumber berita dari Dinas Pendidikan Jawa Barat
08 November 2018, 11:08 WIB    767 views       Headline

LEMBANG, DISDIK JABAR - Hadapi era digital dengan serbuan informasi saat ini, menjadikan peran sekolah harus lebih kreatif, inovatif, dan komunikatif.

Guru saat ini dituntut untuk lebih kreatif dalam menyampaikan pelajaran, informasi kepada anak didiknya. Sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Pendidikan, Ahmad Hadadi, sebelumnya, “Memasuki Era Revolusi Industri 4.0 ini dituntut untuk melek IT. Hal ini juga termasuk di dunia pendidikan. Salah satunya dalam menyiapkan bahan ajar yang harus berbasis IT. Dengan begitu bahan ajar tidak monoton."

Sejalan dengan hal itu, Dinas Pendidikan Jawa Barat menggelar pelatihan bagi guru SMA, SMK, dan SLB berupa Workshop Penyusunan Infografis bagi Guru SMA, SMK, dan SLB. Pelatihan digelar mulai dari Selasa 7 November 2018 hingga Jumat 9 November 2018 di Hotel Grand Hani, Jl. Raya Lembang, Kabupaten Bandung Barat. 

Pelatihan kali ini diikuti oleh 216 guru SMA, SMK, dan SLB diantaranya dari Cirebon, Kuningan, Sukabumi. Pelatihan dibagi menjadi 4 angkatan dengan materi pelatihan beragam disesuaikan kebutuhan tenaga pendidik saat ini. 

Peserta workshop Lili Soliha dari SMAN 6 Kota Cirebon mengaku teknologi informasi mejadi tantangan juga bagi guru untuk terus meng-upgrade ilmunya. "Akan tetapi di satu sisi, jika kita (guru-red) sudah memiliki kemampuan untuk mengaplikasikan teknologi informasi tersebut, maka akan mempermudah proses pembelajaran dan pengajaran kepada anak didik," ujar Lili.

"Seperti serakang saya sedang workshop, saya titip murid ke guru piket, tapi saya memberikan tugas ke siswa dari sini saja melalui email atau whats app. Jadi sebenernya memudahkan kita sebagai guru. Guru berperan sebagai fasilitator kepada anak dengan materi pembelajaran melalui audio video, infografis atau lainnya," ucapnya.

Kegiatan belajar secara digital juga akan memudahkan pemahaman kepada siswa karena komunikasi atau penyampaian pelajaran pun disampaikan dengan lebih menarik, berwarna, dinamis, sehingga pelajaran yang rumit pun menjadi lebih mudah, katanya menambahkan.

Peserta lain Mia Hilmiyati dari SMAN 1 Cidahu Kuningan mengakui jika penyampaian materi pembelajaran secara infografis atau digital seperti video visual memang memudahkan. Namun ia juga mengatakan "Hal ini pada kenyataanya juga diikuti dengan tantangan berupa pemenuhan fasilitas yang mendukung untuk pelaksanan digitalisasi tersebut di sekolah."

Baik Mia ataupun Lili mengaku workshop penyusunan infografis yang diadakan Disdik Jabar ini cukup membantu untuk menambah ilmu dan pengetahuan. Khususnya untuk mendukung pembelajaran yang lebih kreatif, lebih dinamis, lebih menarik untuk semua siswa.***


 Komentar (Ada 1 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


Erip Suratno
Sangat bermanfaat, terima kasih TIKOMDIK Jabar. Peserta didik kreatif akan terlahir dari Guru yang Kreatif.
BALAS
10 November 2018, Pukul 09:03 WIB