Materi Pembelajaran Sekolah, Sederhanakan dan Buat Lebih Menarik dengan Infografis
Rofi Ardianto (berjalan) dari Full Frame Production saat memberi materi pelatihan di Workshop Penyusunan Infografis bagi Guru SMA, SMK, dan SLB yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Jawa Barat, p
Materi Pembelajaran Sekolah, Sederhanakan dan Buat Lebih Menarik dengan Infografis
Oleh Nizar Al Fadillah, Sumber berita dari Dinas Pendidikan Jawa Barat
08 November 2018, 11:38 WIB    762 views       Headline

LEMBANG, DISDIK JABAR - Bagi sebagian siswa, sejumlah pelajaran sekolah dianggap sulit dan membuat malas untuk dipelajari. Oleh karena itu menjadi tugas tenaga pendidik untuk bisa memberikan motivasi salah satunya melalui pengajaran yang lebih menarik, dinamis, dan mudah dipahami. Dan umumnya komunikasi visual lebih mudah dipahami.

Teknologi informasi dan digitalisasi saat ini memang dibutuhkan seiring dengan perkembangan zaman dan kebutuhan menghadapi Revolusi Industri 4.0. Wajar jika Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Ahmad Hadadi, pada pembukaan Workshop Penyusunan Infografis bagi Guru SMA, SMK, dan SLB menyampaikan jika guru harus mampu memberikan pengajaran yang lebih kreatif dan tidak monoton, sehingga siswa menjadi lebih tertarik untuk belajar, meski pelajaran tersebut sulit.

"Bisa saja pelajaran matematika di videokan menjadi menarik atau mungkin dijadikan sebuah jalan cerita sehingga mudah dipahami, kenapa tidak!" ujar Hadadi. 

Hal ini sejalan dengan yang disampaikan Rofi Ardianto dari Full Frame Video Procduction saat menjadi pembicara dalam acara workshop yang digelar di Grand Hani Hotel, Jl. Raya Lembang, tersebut. Workshop yang digelar selama tiga hari dari Selasa 7 November hingga 9 November 2018 ini mengikutsertakan sekitar 216 guru SMA, SMK, dan SLB yang diantaranya berasal dari Cirebon, Kuningan, dan Sukabumi. 

Menurut Rofi, infografis dapat digunakan sebagai alternatif untuk menyederhanakan informasi dalam hal ini pembelajaran yang dianggap rumit. Sehingga penyajian materi pembelajaran akan menjadi lebih mudah dipahami dan tentu lebih menarik. 

Kenapa harus infografis? Rofi menyebutkan 80% orang akan lebih mudah menyerap informasi melalui gambar atau visual. "Infografis lebih menarik, mudah dimengerti, bisa diviralkan dengan cepat," ujarnya. Infografis juga dinilai dapat menarik perhatian dengan warna warninya dan tampilannya yang dinamis. 

"Saat ini siswa diserbu dengan berbagai informasi melalui gadget mereka. Oleh karena itu, kita bagaimana bisa memberikan pembelajaran dengan teknik serupa dalam hal ini digitalisasi termasuk audio visual atau infografis, sehingga pembelajaran disajikan sesuai dengan ketertarikan dunia mereka (siswa-red) saat ini," ujarnya.

Sementara itu, khusus bagi siswa berkebutuhan khusus seperti tuna netra, Rofi memberikan ide dengan membuat "sensasi audio" yang mudah diingat bagi siswa. "Apakah dengan musik tertentu dan lainnya. Dan yang terpenting adalah minat terhadap literasi yang harus juga ditingkatkan," ucapnya menambahkan.***


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar