Tingkatkan Minat Baca Sedari Keluarga
Tingkatkan Minat Baca Sedari Keluarga
Oleh Nizar Al Fadillah, Sumber berita dari Dinas Pendidikan Jawa Barat
09 November 2018, 07:27 WIB    626 views       Headline

BANDUNG, DISDIK JABAR – Minat baca masih menjadi salah satu aspek yang harus ditingkatkan di Indonesia. Berdasarkan survei “Most Literate Nation in The World” oleh Central Connecticut State Univesity tahun 2016, minat membaca Negarea Indonesia ada di posisi ke-60 dari 61 negara. Melihat kenyataan tersebut, Kepala SMKN 8 Bandung, Agung Indaryatno mengatakan, salah satu cara untuk meningkatkan minat baca masyarakat adalah melakukan pembiasaan di ranah keluarga.

“Anak-anak tidak memiliki minat baca karena di ranah keluarga, mereka tidak dibiasakan untuk mencintai buku dan membaca,” tutur Agung saat ditemui di SMKN 8 Bandung, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung baru-baru ini.

Dia menjelaskan, keluarga memliki peran yang besar dalam proses menumbuhkan minat baca. “Jika anak-anak sedari kecil selalu diberitahu dan dibiasakan oleh keluarganya untuk membaca, maka proses itu akan terus berlanjut hingga dia tumbuh dewasa,” ucapnya.

Berangkat dari sana, Agung getol menggalakan gerakan literasi sekolah (gls) di SMKN 8 Bandung sebagai salah satu cara untuk memberi kesadaran bahwa membaca adalah sesuatu yang penting yang harus dimiliki oleh siswa. “Jadi kita masih dalan porses pemahaman dan menyadarkan siswa agar mencintai bacaan. Kita kenalkan dan fasilitasi mereka dengan buku-buku dan program-program literasi yang kita rancang,” katanya menambahkan.

Sebagai salah satu program unggulan Agus menjelaskan, SMK 8 Bandung telah menyusun anggaran khusus perihal literasi sehingga dapat memudahkan siswa untuk mengakses hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan literasi. "Semua buku, baik yang menunjang dalam mata pelajaran ataupun yang bukan, semuanya sudah disediakan pihak sekolah. Jadi siswa hanya tinggal mengakses saja," katanya menambahkan.

Selain itu, beberapa program literasi lainnya adalah melakukan pembiasaan membaca buku sebelum belajar, mengadakan lomba literasi bagi siswa dan guru. Yang terbaru, salah satu siswa SMKN 8 Bandung, Rudiman berhasil menjadi juara membaca puisi se Kota Bandung.

Salah satu Siswa SMKN 8 Bandung, Rudiman mengatakan, menjadi penting bagi siswa untuk berliterasi sedini mungkin.  "Penting banget, khususnya literasi bahasa Indonesia. Karena darimana pun asal dan suku kita, kita harus tetap melakukan literasi bahasa pemersatu kita, yakni bahasa Indonesia," tuturnya.***


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar