Siswa SMKN 9 Bandung Juarai Kompetisi Memasak Tingkat Nasional TRISCHO 2017

Kota Bandung – Dua Tim dari SMKN 9 Bandung, berhasil menyabet juara dalam kompetisi memasak National Trisakti Hospitality Competition (TRISCHO) 2017 di Kampus STP Trisakti, Bintaro, Jakarta Selatan pada 19 Agustus 2017 lalu.

Keduanya berhasil menyabet juara untuk kategori life cooking dan pastry. Tim kesatu yang beranggotakan Muhammad Raihan dan Novianty Purnama kelas 12 adalah siswa jurusan jasa boga. Meteka berhasil meraih juara 3 kategori life cooking melawan 27 tim lainnya. Sementara tim kedua yakni Grahan Wibawa dan Devi Fitriyanti, siswa kelas 11 meraih juara harapan 1, dan berhasil menyisihkan 22 tim lainnya.  

Pembina dari SMKN 9 Susilawati menjelaskan, peserta TRISCHO berasal dari DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat (Jabar), Lampung, dan Palembang. SMKN 9 Bandung menjadi satu-satunya perwakilan dari Jawa Barat. Tujuan diadakannya kompetisi TRISCHO, yakni untuk meningkatkan keahlian sumber daya manusia di Indonesia dalam era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).  

“Kategori life cooking membuat beef roll with asian blackpepper sauce sebagai main course dan enoki tempura untuk appetizer. Kalau dessertnya, dibuat di kategori pastry, yaitu riches coconut cream. Penyajian dari SMKN 9 menonjol dari segi platting yang modern,” katanya.  

Terdapat tiga aspek yang menjadi kriteria penilaian juri, yakni presentasi, kesesuaian tema, serta rasa dan tekstur. Ia menyebutkan, presentasi makanan harus bersih dan tidak ada garnish yang bersifat artificial. Kualitas makanan dari segi warna dan nilai-nilai nutrisi juga menjadi pertimbangan.  

“Kami telah latihan selama 1 minggu. Setelah mendapat informasi lomba, kami merancang menu sesuai dengan tema lomba. Alhamdulillah, hasil masakan memang sesuai dengan latihan yang kami lakukan, meski penilaian dari juri tidak mencapai target. Persaingannya cukup ketat. Juara 1 dan 2, skornya hanya selisih 0.5,” pungkasnya.  

Muhammad Raihan dan Novianty Purnama masing-masing mendapat medali dan sertifikat dengan uang tunai sebesar Rp.750.000. Sementara Grahan Wibawa dan Devi Fitriyanti mendapat medali dan sertifikat beserta uang tunai Rp. 500.000. Di bulan Oktober dan November mendatang, SMKN 9 akan ikut serta lagi pada kompetisi memasak dalam tingkat nasional di Kemayoran, Jakarta.